Selasa, 09 Agustus 2016

Utuh

Ketika hati tak bisa menjaga setiap bagiannya agar tetap utuh, apa dia harus menyerah untuk bagian yang rapuh atau memperkuatnya agar tetap menjadi utuh?

Bila bertanya pada diri maka akan ada banyak jawaban yang kesemuanya adalah penjabaran dari masing-masing pernyataan positif dan negatif. Mereka yang buta pasti akan sulit ketika harus menentukan apa yang positif dan apa yang negatif. Sebagai manusia yang berumat maka kita tahu bahwa ada dua dunia, yaitu dunia saat kita hidup dan dunia setelah kita hidup atau dengan kata lain saat kita meninggalkan dunia saat kita hidup. Hati, apa dia sungguh bisa berkata? Jika hati benar berbicara tentu saja otak juga sudah berbicara. Untuk selanjutnya hati kita sebut nurani dan otak kita sebut logika. Dari keduanya manakah yang paling berpengaruh? Pagi ini saya cukup memberikan bekas pada ingatan saya tentang kata “hubungan” dan “pengaruh”. Dua kata itu diucapkan oleh dosen pembahas pada seminar proposal yang saya hadiri pagi ini. Jika pikiran saya masih berjalan lurus maka yang saya sampaikan ini adalah benar hal yang saya pikirkan.

Berbicara soal nurani mungkin masih banyak yang bingung atau mungkin hanya saya yang bingung. Mungkin sebaiknya saya hanya berbicara tentang diri saya sendiri. Sejak lama saya menghadapi masalah tersendiri dalam diri saya, yaitu kesulitan saya yang tidak bisa membedakan mana yang kata nurani dan mana yang kata logika. Yang pernah saya percaya bahwa yang pertama terucap adalah kata nurani. Tapi tak jarang juga bahwa kata pertama yang muncul adalah kata logika. Lalu bagaimana membedakan keduanya? Saya masih belum tahu jawabannya dan maaf, sejak siang tadi kepala saya sakit dan mungkin bisa dibilang pusing juga (curhat). Jadi saya akan mempersingkat tulisan saya kali ini.

Hati, bila kau tercipta begitu rapuh dan tak cukup kuat untuk selalu bertahan, aku mohon untuk teruslah yakin bahwa setiap dari bagian diri mu dan jauh lebih luas dari mu tercipta dari keberuntungan yang telah digariskan Tuhan. Meski keyakinan mu tak sekuat apa yang seharusnya ataupun apa yang bisa kau pikirkan, tapi tetaplah yakin pada keyakinan yang ada pada saat ini. Cerita kita memang akan selalu berubah seiring dengan berubahnya kita dari jalur yang seharusnya. Dan siapa yang tahu jalurr kita seharusnya ada dimana? Hanya Tuhan. Tetaplah utuh menjadi satu dan jangan ragu pada keyakinan mu. Bila ada pada bagian mu yang rapuh dan tak mampu untuk kau pertahankan, maka tinggalkanlah. Tapi sebelum itu kau lakukan, pastikan kau telah memberikan segala yang kau bisa untuk mempertahankannya.

Hati, meski kau tak sebesar yang dipikirkan atau tak setegar yang diharapkan, tetaplah kamu menjadi utuh sebagaimana mestinya. Memang tak ada yang bisa menjadi pegangan mu, maka jadilah hebat dengan kemandirian mu. Hidup memang tak seperti kematian yang damai. Itulah yang kita tahu. Tapi selama kematian itu belum mendatangi kita, nikmatilah hidup yang saat ini kita jalani. Meski sulit, pasti ada waktunya nanti semua ini begitu memberi arti.

Mencintai yang kita pikir milik orang lain dan kemudian berusaha tegar menjauhinya demi kebahagiaan orang-orang yang kita cintai. Membatasi lingkaran mu pada orang-orang yang dipikir disanggupi, apa itu benar?


Hati, jadilah utuh..

Tidak ada komentar :

Posting Komentar